Friday, July 8, 2011

Ketemu Biangnya Guru Go Blog!

Beberapa tahun lalu, waktu saya masih duduk di bangku kuliah di UNJ, saya masih ingat betapa asingnya BLOG bagi sebagian besar penikmat internet masa itu. Kebanyakan dari kami aktif di Friendster (yang kejayaannya masih kalah dari FB dan Twitter) atau Yahoo Messenger. Tapi saat itu, saya telah mengelola beberapa blog pribadi.

Pasti anda bertanya - tanya: apa hubungannya dengan kuliah di UNJ? :D
Well, at that time, seorang Prof yang sangat saya kagumi mengampu mata kuliah research dan menugaskan kami untuk membuat semacam proposal skripsi. If we're lucky enough, kami nggak perlu mengganti judulnya dan hanya tinggal meneruskan penelitiannya untuk skripsi. Dan judul yang saya ambil saat itu berkaitan dengan penggunaan Blog sebagai alat untuk Writing practice murid - murid. Meskipun referensi yang saya miliki saat itu belum terlalu banyak, diakibatkan oleh asingnya makhluk bernama BLOG ini, tapi saya tetap nekat. Prof pun menentang saya habis - habisan. Hingga beberapa pertemuan, beliau menentang calon proposal saya ini dengan alasan keterbatasan siswa untuk mengakses blog, unfamiliarnya si blog ini, dan lainnya. Tapi pada pertemuan kesekiankalinya, I happened to have a debate with her. Dan akhirnya, Prof tsb mempersilahkan saya mengajukan judul Blog ini (entah karna capek atau memang menyetujuinya :p).

Meskipun pada akhirnya, saya tidak menggunakan blog untuk skripsi saya, tapi saya masih memiliki keyakinan bahwa blog akan menjadi sebesar Friendster, dan saya akan mengajar di satu tempat dimana saya bisa menggunakan blog sebagai alat pembelajaran tanpa harus menghadapi tatapan aneh murid - murid.

And my dream comes true...

Mulai tahun ajaran ini, saya mulai mengajar di SMK 36 Jakarta. Awalnya, saya hanya mengagumi Kepala Sekolahnya yang merupakan salah satu master blogger-teacher. Selain Bpk Dedi Dwitagama ini, jarang sekali ada blogger-teacher seaktif beliau. Dari cerita - cerita Ibu saya, I assume Pak Dedi Dwitagama bukan merupakan guru yang alergi teknologi dan perubahan. I've been reading his blog, dan funnily, I was excited.. I discovered one strange feeling inside me telling: hey, you're not alone! After about 4 years, akhirnya ada juga guru yang juga blogger aktif (bukan terpaksa blogging) di Indonesia ini. Dari blognya juga, saya melihat link2 blogger-teacher lainnya.. Akhirnya, saya bertemu dengan guru - guru go blog!

Tapi bukan itu surprise terbesarnya!

Ketika menjalani proses melamar di SMK 36, saya duduk cukup lama di ruang TU, melihat seorang guru/TU menagih kata 'blok' ke murid - murid yang telah lulus. At that time, saya pikir itu jenis pungutan bernama 'block' :p Tapi belakangan, saya baru mengetahui bahwa murid SMK ini diwajibkan memiliki dan menulis posting di blognya.

CAN YOU IMAGINE THAT??! I finally found the place I've dreamt 4 yrs ago! W-O-W!

Sayangnya, gara - gara master blogger-teacher ini pula, saya nervous setengah mati saat perkenalan diri kemarin.. -____-" Eniwei, masih ada hidden goal lainnya: foto bareng dan menggali ilmu beliau \^_^/ Blog beliau bisa dikunjungi disini. Liat dong tujuan blognya:

Blog ini diharapkan mampu mendorong terbentuknya para pendidik menjadi profesional yang pantas digugu dan ditiru sehingga mampu melahirkan generasi mendatang negeri ini yang lebih baik, melalui upaya memberdayakan guru-guru atau pendidik dan tenaga kependidikan, sehingga diharapkan akan muncul guru-guru dan tenaga kependidikan yang menyadari tugas profesinya dengan selalu meningkatkan kemampuan dan meningkatkan rasa percaya diri, terbiasa melahirkan ide-ide kreatif tanpa harus terbelenggu dalam keseragaman

berasa pengen jingkrak2 ngacungin tangan sambil teriak2.. Saya Pak, Saya Pak!! hehhee..

another awesome fact of him:
di lemari kecil saya, ada buku beliau berjudul Penelitian Tindakan Kelas dimana terdapat pages dari para living legend UNJ: Ibu Conny Semiawan dan Pak Arief Rahman. Ring a bell? Yup! Being a researcher is one of my dreams, and I surely can gain knowledge 'bout Action Research from him! Yippieeee \^_^/

7 comments:

  1. bagus tulisannya ... smoga semakin banyak guru yang terbiasa nulis di blog serta menjadikan blog sebagai salah satu sarana media pembelajaran ....
    salam kenal

    ReplyDelete
  2. Selamat bergabung dengan keluarga besar 36.Anda beruntung bisa bergabung,karena bisa belajar secara langsung ngeblog yang "baik dan benar" oleh pakarnya langsung.Semoga betah dan bisa mengambil manfaat yng banyak dengan keberadaan di komunitas 36.Nanti kita sama2 belajar.Saya pun banyak sekali belajar dengan pak dedi dalam dunia blog dan yang lainnya.Thanks

    ReplyDelete
  3. Good.. btw kayknya krang enak baca "guru guru go blog".. He3x,.. POkonya, slamt brgabung di 36. Mari qta bangun 36 mnju yg lbih baik..

    ReplyDelete
  4. Berarti saya kudu sering2 mampir kesini, memunguti ilmu ngeBLOG nya hehe..

    ReplyDelete
  5. Salam kenal Bu saya juga lagi belajar ngeblog, saya juga barusan ninggalin jejak di blognya master Dedi. Terimakasih

    ReplyDelete
  6. waww... ikut senang baca tulisan ini :D

    ReplyDelete
  7. dear enno...

    seneng nemuin blog enno en selalu menyenangkan membaca tulisan2mu...

    sukses n semangat terus yahh..

    ReplyDelete

Please drop your comment here!! Thanks :D