Wednesday, June 1, 2011

It’s Applied Linguistics!

Ah akhirnyoo!! After waiting ketetapan dari keinginan hati yang sering absurd for 3 yrs, finally I grabbed one of my dreams: studying Applied Linguistics di Atmajaya! 
Kenapa UNIKA Atmajaya?
Alasan saya sederhana: Cuma di UNIKA Atmajaya yang punya jurusan ini di Jakarta dengan akreditasi A pula. Kualitas pasca linguistik terapannya sudah sering saya dengar lewat dosen – dosen ketika kuliah di Pendidikan Bhs Inggris UNJ dulu. Bahkan Dosen pembimbing saya sendiri yang inspired me a lot untuk being enrolled di kampus ini.
Waktu si Bapak nanya kenapa nggak coba di UI, saya melempar jawaban singkat: di UI Cuma ada Ilmu Linguistik, bukan yang appliednya. Lagian, my dream dr dulu ya belajar applied linguistics di Atma, bukan di UI. I won’t push myself to take it for granted only karna UI punya nama. No offense yaa! ;)
Buat yang minat kuliah pasca disini juga, here are the steps I’ve undergone kemaren2:
  1. Beli formulirnya langsung di gedung C lantai 7 kampus Semanggi (tau doong kampus Atma Semanggi? Sebelahan persis deh sama Plaza Smanggi). Persyaratannya: lulusan S1 (Sastra Inggris, Pendidikan Bhs Inggris, atau other majors) dan TOEFL lebih dari 500.
  2. Setelah diisi, bayar uang pendaftaran dan terima bukti pembayaran.
  3. Maksimal 1 hr sebelum hari tes, kita wajib balik ke gedung pascasarjana itu untuk ambil kartu ujian. 
  4. Tes terdiri dari 3 tahapan: tes TOEFL, essay writing, dan interview. Tes TOEFLnya mah sama aja kaya tes TOEFL pada umumnya. Untuk essay writing, kita dikasih beberapa topik untuk dipilih salah satu dan dijawab. Waktu itu, saya pilih topik tentang importancenya ngirim anak ke early childhoof education institution. Yang bikin deg – degan ya pas interview ini.. jeng jeng.. pas masuk, ada 2 ibu dosen cantik yang memperkenalkan diri dengan menyebut embel2 kehormatan impian saya: ‘doktor’. Pertanyaan interviewnya nggak susah – susah amat, tapi karna efek nervous bin deg – degan, waktu itu saya nggak lancar2 amat pas ngejawab.
  5. Pas hari pengumuman kelulusan, cukup telpon aja. Kalau nama kita disebut lulus, 2 hari kemudian, calon mahasiswa bisa melakukan daftar ulang di bagian pendaftaran.
Kuliahnya sendiri dimulai dari jam 16:30 s/d 19:00. Mon – thu. Friday dikeep buat make up class. Sebelum kuliah, mhs diwajibkan ikut matrikulasi kurleb 1 bulan kayanya.
Matrikulasi saya sendiri baru dimulai bulan Juli nanti. Ahh.. cant wait! So excited! Meskipun matkulnya nanti membosankan, I just cant wait to learn again! Cihuy!! :D

3 comments:

  1. Yayyyy... ,kerenn Noooo... ^^, gw juga tadinya mo apply k sana.. but sepertinya otak gw gk sanggup.. and i'm still searching for the right subject.. you are so smart you know..^^

    semangatt yaa no.. shineeee... ^^

    ReplyDelete
  2. not as smart as you hunz.. ayolah apply! gw jg berani2in.. hihihii.. i've spent 3 yrs looking for d rite subject.. hopefully this time's rite! :D thanks huunzz..! ;)

    ReplyDelete
  3. Are all the lessons there in English, do all the lecturers speak English all the time in class? Thanks :)

    ReplyDelete

Please drop your comment here!! Thanks :D