Sunday, June 5, 2011

Mie Ayam Ala Ngasal

Daripada keluar nguber Mie Ayam enak, mending bikin sendiri yuk! Bahan - bahannya gampang lho.. Di pasar tradisional ada semua. Ini resep dasar Mie Ayam ngasal yang baru aja sy bikin tadi pagi. Meskipun foto di bawah nggak meyakinkan, tapi brdsarkan orang2 di rumah, mie ayam buatan sy super enak! *geer*


Bahan :
Mie 'Pangsit'. Teksturnya agak beda dari Indomie atau Mie instan. Makanya, beli aja di pasar. 
Daun bawang secukupnya. Potong2.
Ayam direbus.
Bakso (kalau ada)
Bawang bombay, bawang putih, bawang goreng

Bumbu: Ketumbar, garam, kecap, minyak, penyedap rasa.

Cara Membuat :
  1. Ayam yang sudah direbus, disuwir2 kecil.
  2. Panaskan minyak dan margarin, masukkan bawang bombay yang sudah dicincang halus. Tumis sampai harum. Kemudian, masukkan suwiran ayam. Beri kecap (mirip ayam kecap deh!), air, dan sedikit minyak. Tunggu sebentar. Matikan api dan sisihkan ayam kecapnya.
  3. Haluskan ketumbar dengan sedikit garam. Tuang minyak secukupnya di wajan, masukkan bumbu ketumbar yang telah dihaluskan dengan garam. Masak sebentar sampai harum. Matikan. Ini yang nantinya jadi minyak bumbu.
  4. Rebus bakso sampe mekar. 
  5. Rebus dehh mie-nya! Yaeyalah direbus masa digoreng! =___=" Nggak perlu sampe terlalu lembek. 1 menit cukup kok. Jadinya kenyal2 yummy!
  6. Plating deh. Sebelum plating, make sure udah nyiapin air kuah (kalau mau mie ayam basah, saya sendiri prefer mie ayam kering). Daun bawang yang diiris taroh aja diatas mienya nanti.
  7. Seriously.. My self-made Mie Ayam enaknya nggak ketulungaaan..

No comments:

Post a Comment

Please drop your comment here!! Thanks :D